TUGAS 4 MEDIA ONLINE




Bukalah 5 situs berita berikut ini yakni :
-         Kompas.com
-         Elshinta.com
-         Metrotvnews
-         Viva News
-         Yahoo!News

Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
a.     Mana di antara kelima website berita tersebut yang merupakan edisi online dari media cetak atau elektronik  ?
=Media cetak : kompas.com (dari cetak)
  Media elektronik : metrotvnews (dari televisi) dan elshinta.com (dari radio)
                 
b.    Mana di antara kelima website tersebut yang merupakan situs berita online murni tidak terkait media cetak dan elektronik ?
=Vivanews
 
c.     Mana di antara kelima website tersebut yang disebut situs indeks berita karena hanya memuat link-link dari situs berita lain ?
=Yahoo News

d.    Mana di antara kelima website tersebut yang merupakan website multimedia dengan memiliki berita dalam bentuk teks, video dan audio ?
=Kompas.com, elshinta.com, vivanews dan Metrotvnews.com

e.     Untuk website berita yang merupakan edisi online media cetak, apakah edisi online yang gratis diakses  tersebut tidak menjadikan edisi cetak menjadi berkurang penjualannya ? Jelaskan argumentasi Anda.
      = Tentu, mengurangi penjualan edisi cetak karena masyarakat saat ini adalah masyarakat digital yang sebagian dari aktivitasnya mengakses informasi  dari gadget agar lebih pratis maka dari itu kompas membuat kompas.com( edisi online) untuk mengatasi hal tersebut.

f.       Jelaskan, mengapa media cetak dan elektronik seperti Kompas, Radio Elshinta , dan Metrotvnews  perlu untuk membuat edisi onlinenya ?
=Karena agar kompas, radio elshinta dan metrotvnews tidak mengalami gulung tikar karena saat ini, sebagian besar orang jarang menonton televisi akibat mobilitas yang tinggi dan lebih banyak mengakses informasi melalui handphone/gadgetnya, oleh karena itu mau tak mau Kompas, Radio Elshinta dan Metrotvnews harus beralih membuat edisi onlinenya juga.

g.     Coba perhatikan iklan-iklan produk yang terpasang pada Kompas.com, Elshinta.com , dan  metrotvnews.com apakah hampir sama dengan iklan-iklan produk yang tersaji pada edisi cetak dan elektroniknya ? Apa kesimpulan Anda atas hal ini ?
=Tentu berbeda, karena pada edisi online mereka iklan yang ditampilkan pada websitenya sesuai dengan apa website/laman/pencarian produk yang dicari oleh pengunjung website mereka. Kesimpulannya iklan pada website  tersebut mengikuti minat pencarian(interest) yang dicari oleh pengguna internet.

h.    Apakah menurut Anda berita-berita yang tersaji pada edisi online Kompas, radio Elshinta  dan Metrotvnews, haruslah sudah ditayangkan/diterbitkan terlebih dahulu di edisi cetak/elektroniknya ?
=Tidak harus. Karena media/edisi online dituntut harus memberitakan kejadian(berita) dengan segera dan cepat karena itu merupakan karakteristik media/edisi online itu sendiri.

i.       Coba bandingkan pemberitaan  website Viva News dan Kompas.com. mana yang menurut Anda jauh lebih kredibel (dapat dipercaya) isi beritanya ? Jelaskan.
=Kompas.com, Karena bahasa yang digunakan pada Kompas.com menggunakan bahasa formal dan sebagian besar berita yang dipostingnya adalah straight news.

j.        Situs  Yahoo!News  (http://id.berita.yahoo.com) tidak menampilkan berita hasil liputan sendiri , namun hanya memuat  berita dari situs-situs berita lainnya dan memperoleh iklan dari penyajian berita- berita tersebut. Menurut Anda, mengapa situs-situs berita lainnya mengijinkan Yahoo!News memuat berita- berita mereka ?
=Karena menguntungkan bagi kedua belah pihak, pada situs yang mengijinkan menjadikan link websitenya mudah di akses dan tersebar luas sehingga hal itu mampu menarik pengunjung website yang berdampak pada stastik penggunjungnya dan pada yahoo!News memberikan keuntungan agar websitenya dikunjungi juga dan dikenal lebih luas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NIAGARA-GARA DUFAN KINI PUNYA SAINGAN

Kisi Kisi UN